Wednesday, March 20, 2013

5 Kejadian Buruk saat Proses Persalinan



Proses Persalinan yang Didambakan
Anda sebagai calon ibu tentu sudah menyiapkan diri untuk melewati persalinan. Namun bagi beberapa orang, proses persalinan ternyata tidak berlangsung dengan mudah dan banyak hal-hal dipersiapkan sebelumnya. Bahkan beberapa hal yang tidak terduga tersebut, sering melemahkan mental calon ibu dan mempengaruhi proses persalinan yang dilakukannya.

1.       Persalinantanpa pembiusan

Pembiusan epidural atau pembiusan regional dilakukan untuk mengurangi rasa sakit akibat kontraksi saat persalinan. Pada proses  persalinan normal, pembiusan ini dilakukan minimal saat bukaan 4 sampai 5 cm dan pada kelahiran dengan operasi caesar, pembiusan dilakukan sebelum operasi dilakukan.

Namun apabila calon ibu memiliki trombosit yang rendah, dokter tidak akan melakukan pembiusan epidural. Selain itu, jika terjadi pendarahan pada bukaan kurang dari 4 cm, bius epidural juga tidak boleh diberikan.
Pembukaan dan persalinan yang terlalu cepat, biasanya juga tidak memungkinkan untuk pembiusan epidural karena memerlukan waktu yang cukup lama untuk melakukan pembiusan epidural yaitu sekitar 20 menit dan hanya akan bertahan selama 10 sampai 20 menit.

Dan Ketika proses persalinan, beberapawanita mungkin akan mengalami kondisi dimana obat bius epidural tidak bekerja secara efektif. Bius tersebut dapat bergerak atau tidak merata dan menyebabkan nyeri di salah satu sisi panggul.Dan ketika anda mengalami permasalahan tersebut, Dokter akan memberikan obat untuk menurangi nyeri melalui infus.

2. Sinyal bahaya pada monitor jantung

Monitor jantung dipasang untuk melacak detak jantung bayi saatproses persalinan untuk mengetahui kondisi dan perubahan detak jantung bayi. Dan apabila monitor tersebut berbunyi, bisa saja disebabkan karena aliran darah bayi yang tidak mengalir dengan lancar atau bahwa plasenta tidak bekerja dengan baik karena hipertensi, diabetes, cairan rendah, anemia yang diderita ibu atau abrupsio plasenta. Namun sinyal tersebut bisa saja mengindikasikan bahwa bayi sedang mengalami gangguan jantung akibat detak jantung melemah dan tentu akan membuat panik terutama anda sebagai calon ibu. Apabila anda mengalami ganguan ini, dokter akan segera memberikan tindakan pertolongan, dan hal ini  akan kembali normal pada waktu yang tidak terlalu lama.

3. Operasi Caesar

Saat persalinan tidak mengalami kemajuan, bayi dalam posisi yang salah atau ketika kepala atau badan bayi terlalu besar untuk kelahiran normal, biasanya dokter akan menyarankan untuk operasi caesar. Untuk itu, anda harus mempersiapkan diri menjalani operasi caesar sejak dini dan bacalah informasi yang berhubungan dengan permasalahan Bedah Cesar.

4. Bius total saat operasi caesar

Proses persalinan caesar dilakukan dengan blok spinal atau epidural sehingga Anda dapat tetap terjaga selama operasi. Namun apabilasituasi memburuk yang disebabkan kurangnya waktu, tali pusar memasuki jalan lahir terlebih dahulu atau terjadinya abrupsio plasenta, bisa saja dilakukan anestesi atau pembiusan total.

apabila hal ini dilakukan pada proses kelahiran anda, maka anda tidak dapat mengingat apa yang terjadi hingga 20 sampai 60 menit pertama setelah operasi. Proses pembiusan ini biasanya dapat menyebabkan calon ibu lebih lelah dan gugup dibandingkan proses pembiusan regional dengan blok spinal atau epidural.

5. Kencing dan Buang Air Besar saat Persalinan

Melahirkan adalah proses dimana akan banyak keluar darah, cairan tubuh dan bahkan kotoran yang membuat anda terkejut bahkan merasa malu. Bius epidural biasanya juga menyebabkan rasa mual dan menyebabkan muntah. Namun tentupara dokter dan staf yang membantu proses persalinan sudah biasa mengalami hal ini, sehingga Anda tidak perlu malu.

Kesimpulan:

  • Beberapa kejadian buruk saat proses persalinan akan melemahkan mental calon ibu,
  • Kejadian buruk dalam persalinan yang bisa anda atasi, dapat mengurangi risiko operasi ceasar,
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Jakarta