Tuesday, March 19, 2013

Gejala Depresi Anak Harus Segera di Atasi



Mengatasi Gejala Depresi Anak
Anak-anakusia sekolah dan remaja atau mungkin saat ini anak anda sering terlihat gejala sedih, sulit tidur, mudah marah, sulit konsentrasi, perburukan prestasi akademis, hingga selalu menghindar kepada orang, bisa jadi hal tersebut adalah gejala depresi. Anda sebagai orang tua yang baik, harus menganjurkan anak untuk membicarakan kekhawatiran mereka sejak dini dan selalu mendengarkan dan menawarkan bantuan. Anak pada usia sekolah akan merasa terkucilkan, disalahpahami, dan diabaikan, apabila orangtua terlalu sibuk dengan pekerjaannya.

Para Remaja terkadang sulit memahami perasaan depresi. Mereka hanya merasa tidak berdaya. Mereka memerlukan bantuan orang dewasa yang penuh kasih sayang dan memberikan kasih saying kepadanya. Dan apabila hal ini tidak segera diatasi, penyalahgunaan zat terlarang dan kenakalan remaja adalah aspek yang sangat mungkin terjadi. Dari segi biologis, depresi disebabkan oleh ketidakseimbangan neurotransmiter di otak. Sementara dari segi psikologis, depresi bisa terjadi karena rasa stres dalam menghadapi kehidupan.

Mengatasi Depresi Anak

Mengatasi depresi dapat dilakukan berdasarkan beratnya gejala yang dialami, Depresi ringan dapat diatasi dengan psikoterapi, sedangkan depresi sedang dan berat harus diobati dengan kombinasi obat-obatan dalam jangka waktu tertentu.

Keluarga terutama Orangtua berperan baik sebagai pemicu depresi (orangtua sering bertengkar, tidak peduli, bercerai, sering menyiksa anak, dan sebagainya) atau sebagai pihak yang dapat membantu anak untuk mengatasi depresi. Sehingga untuk mengatasi depresi anak, orangtua dan anggota keluarga yang lain harus kompak untuk membawa anak berkonsultasi ke psikiater professional.

Setelah itu, anda sebagai orang tua harus menciptakan suasana rumah yang kondusif, sehingga anak tidak merasa sendirian, didukung, dan dimengerti, memberikan kasih sayang yang lebih dan juga mengajak anak berdiskusi mengenai masalah-masalah yang sedang dihadapi dan harapan-harapan yang dimiliki buah hati anda.

Kesimpulan:

  • Gejala depresi anak harus segera diatasi agar tidak memperburuk kondisi anak,
  • Keluarga dan orang tua merupakan factor terbesar penyebab dan pembantu dalam penyembuhan depresi anak,
  • Pengobatan depresi anak dibedakan berdasarkan tingkat ringan, sedang dan berat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Jakarta