Friday, March 1, 2013

Mitos dan Fakta Mengenai Resiko Kanker Serviks



Mencegah dan Mengatasi Resiko Kanker Serviks
Apakah saya berisiko? Apakah saya Dapat Mencegah Kenkerserviks, bagaimana saya dapat melakukan deteksi dini Kanker Serviks? Apakah saya melakukan vaksinasi kanker serviks? Bagaimana saya menolong perempuan lain dari kanker serviks? Beberapa pertanyaan diatas mungkin juga menjadi pertanyaan bagi anda karena memang tingginya angka kematian pada wanita akibat penyakit yang mematikan ini. Dari beragam pembahasan dan semakin meluasnya informasi kepada masyarakat, mamunculkan beberapa mitos dan kenyataan mengenai Resiko Kanker Serviks, yang diantaranya adalah:

Mitos
Fakta
Kanker Serviks Sama Dengan Kanker Rahim.
Serviks Adalah Bagian Paling Bawah Dari Badan Rahim. Kanker Serviks Adalah Tumbuhnya Sel-Sel Tidak Normal Pada Leher Rahim (Serviks)
Kanker Serviks Adalah Penyakit Keturunan
Kanker Serviks Disebabkan Oleh Virus Human Papiloma (HPV) Yang Bersifat Onkogenik (Penyebab Kanker). HPV Tipe 16 Dan 18 Bersama-Sama Menyebabkan 71% Kasus Kanker Serviks. Sedangkan Tipe Onkogenik Lainnya Penyebab Kanker Serviks Adalah 31, 33 Dan 45 Yang Bersama Dengan Tipe 16 Dan 18 Menyebabkan 80% Kanker Serviks.
Tidak Perlu Khawatir Kanker Serviks Jiga Sudah Memiliki Hubungan Yang Stabil Dengan Pasangan.
Setiap Perempuan Dapat Terinveksi HPV Semasa Hidupnya. Bahkan Jika Telah Terinfeksi, Tidak Berarti Bahwa Dia Akan Terlindungi Dari Infeksi Berikutnya. Infeksi Persisten Virus Penyebab Kanker Serviks Dapat Mengakibatkan Terjadinya Sel Abnormal Da Pra-Kanker Yang Seiring Dengan Berjalannya Waktu Dapat Berkembang Menjadi Kanker.
Kanker Serviks Hanya Terjadi Pada Perempuan Lanjut Usia,
Kanker Serviks Dapat Menjadi Ancaman Semua Perempuan Tanpa Memandang Usia. Adenokarsinoma (Kanker Serviks Yang Paling Agresif) Merupakan Kanker Serviks Yang Lebih Sering Terjadi Pada Perempuan Muda Dan Sulit Terdeteksi Melalui Skrining.
Pemakaian Kondom Mencegah Kanker Serviks.
Kondom Tidak Sepenuhnya Melindungi Perempuan Dari Infeksi HPV Karena Penyebaran Virus Tidak Hanya Melalui Penetrasi Seksual Tetapi Bisa Terjadi Melalui Kontak Kulit Ke Kulit Di Area Genital. Perempuan Yang Aktif Seksual Lebih Beresiko Terkena Kanker Serviks.
Kanker Serviks Mudah Dilihat.
Kebanyakan Infeksi Awal HPV Dan Kanker Servik Stadium Dini Berlangsung Menimbulkan Gejala Sedikitpun, Sehingga Penderita Masih Dapat Menjalankan Kegiatan Sehari-Hari. Namun Ketika Kanker Serviks Mencapai Progresifitas (Stadium Lanjut), Akan Memberikan Gejala-Gejala: Pendarahan Sesudah Senggama, Pendarahan Spontan Yang Terjadi Di Antara Periode Menstruasi Rutin, Nyeri Panggul, Nyeri Ketika Berhubungan Seksual
Kanker Serviks Tidak Dapat Dicegah.
Vaksinasi HPV Merupakan Pencegahan Primer Terhadap Kanker Serviks Dengan Membantu Pembentukan Antibody. Papsmear Merupakan Pencegahan Sekunder Yang Berfungsi Mendeteksi Sel Abnormal Lesi Prakanker
Tidak Ada Alasan Untuk Memvaksinasi Remaja Putri,
Penelitian Menunjukan Bahwa Rentan Waktu Sejak Pertama Kali Berhubungan Seksual Usia 25-3 Tahun Merupakan Periode Insidensi Dan Prevalensi Infeksi Virus Penyebab Kanker Serviks Tertinggi Pada Perempuan. Maka Dari Itu Sangat Penting Vaksinasi Perempuan Muda Sedini Mungkin Untuk Mengurangi Risiko  Infeksi Kanker Serviks.
Pada Perempuan Menikah Tidak Perlu Diberikan Vaksinasi, Cukup Skrining Saja.
Skrining Tidak Dapat Mencegah Terjadinya HPV. Skrining Yang Diikuti Dengan Vaksinasi, Dapat Membantu Mengurangi Kejadian Kanker Serviks Secara Efektif Dibandingkan Dengan Tanpa Tindakan Sama Sekali. Vaksinasi Dilakukan Dalam Tiga Tahap Pemberian, Yaitu Bulan Ke-0,1 Atau 2 Dan 6.
Vaksinasi HPV Memiliki Efek Samping Yang Berbahaya,
Vaksinasi HPV Umumnya Dapat Ditoleransi Dengan Baik. Reaksi Paling Umum Terlihat Setelah Vaksinasi Berhubungan Dengan Tempat Penyuntikan, Seperti Nyeri, Kemerahan Dan Bengkak. Efek Samping Umum Lainnya Termasuk Nyeri Otot Dan Sakit Kepala. Namun Ini Biasanya Bersifat Ringan Dan Sementara.


Dengan mengetahui dan memahami beberapa mitos dan penjelasan fakta mengenai Resiko Kanker Serviks berguna untuk menjadi acuan apabila anda mengalami beberapa ciri Kanker Serviks. Anda juga sebaiknya berhati-hati dalam menjaga lingkungan agar tetap kondusif dan mampu memberikan pelayanan yang terbaik.

Kesimpulan:

  • Bahaya Kanker Serviks menjadi hal yang menakutkan untuk wanita,
  • Kanker Serviks dapat berkembang dan menjadi penyebab kematian,
  • Pencegahan Kanker Serviks akan lebih apabila ditangani dengan secepatnya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Jakarta