Sunday, March 3, 2013

Penyakit Ginjal Menjadi Penyebab Kematian di Seluruh Dunia



Penyakit ginjal saat ini mempengaruhi sekitar 10 sampai 16 % orang dewasa di seluruh Dunia Khususnya Benua Asia, Eropa, Australia, dan Amerika Serikat. Hipertensi dan diabetes adalah kondisi umum yang disertai dengan Penyakit Ginjal Menjadi Penyebab Kematian di berbagai belahan dunia tersebut.

Hal tersebut didukung dari Dua penelitian yang dilakukan John Hopkins yang memfokuskan pada kesehatan ginjal, menemukan bahwa penyakit ginjal kronis a menjadi indikator kuat risiko kematian dan stadium akhir penyakit ginjal. Yang mengerikan bahwa kematian tersebut, terjadi pada pasien yang tidak menderita hipertensi atau diabetes. Pasien yang mengalami hipertensi, biasanya mengalami penurunan fungsi dan tingkat protein yang cukup tinggi pada ginjal. Sedangkan penderita diabetes mempunyai risiko lebih tinggi pada kerusakan ginjal.

Namun, yang perlu diketahui adalah tidak semua penderita hipertensi atau diabetes dapat menderita ginjal kronis. Hanya saja risiko kerusakan dan kematian ginjal pada penderita hipertensi dan diabetes lebih tinggi.

Yang harus menjadi perhatian selanjutnya adalah banyak orang yang menderita ginjal kronis tidak mengetahui bahwa ginjalnya sudah dalam keadaan rusak parah atau stadium akhir yang akhirnya menyebabkan kematian. Untuk itu, sebaiknya anda lebih sering melakukan pemeriksaan terhadap kondisi ginjal anda. Karena kerusakan ginjal yang tidak segera diatasi menjadi faktor utama kematian, terutama bagi penderita diabetes atau hipertensi.

Gejala Penyakit Ginjal

Adapun Ciri-ciri Penyakit ginjal  akut adalah: nyeri pinggang  yang sangat sakit  (kolik), saat kencing sakit, bengkak mata, bengkak kaki, demam, kencing sedikit, kencing merah (ada darah), sering kencing.  Ada Kelainan Urine, yang disebabkan  air Kencing mengandung protein, eritrosit, sel darah putih / lekosit, bakteri dalam urine.

Sedangkan apabila Penyakit Ginjal sudah terlalu parah akan menyebabkan: Mual, muntah, lemas,Badan terasa lemas,  nafsu makan berkurang, gatal, sesak napas, wajah pucat  / anemia. Kelainan hasil pemeriksaan Lab yang  lain: creatinine darah naik, kadar Himoglobin pada darah turun, dan selalu ada protein dalam urine.

Kesimpulan:
  • 10 – 16 % Orang dewasa hampir diseluruh Dunia mengalami gejala penyakit Ginjal,
  • Penyakit Ginjal Menjadi Penyebab Kematian terutama pada penderita hipertensi dan Diabetes,
  • Untuk mencegah penyakit ginjal, sebaiknya melakukan pemeriksaan secara rutin.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Jakarta