Saturday, May 11, 2013

Permasalahan Kesehatan Masyarakat di Indonesia


Gambar Masalah Kesehatan Masyarakat Indonesia
Masalah Kesehatan Masyarakat khususnya negara berkembang termasuk indonesia sangat beragam dan harus segera diatasi dengan kerjasama yang kuat antara pemerintah dan masyarakat itu sendiri. Sehat adalah kondisi optimal mental, fisik dan sosial seseorang, terbebas dari bibit penyakit sehingga mencapai produktivitas. Kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni untuk mencegah penyakit, memperpanjang hidup, mempromosikan kesehatan dan efisiensi dengan menggerakkan potensi masyarakat pemerintah.

Masalah Kesehatan Masyarakat

Untuk mempermudah memahami Masalah Kesehatan Masyarakat yang sering terjadi perlu dibagi menjadi beberapa kelompok, antara lain: masalah perilaku kesehatan, lingkungan, genetik dan pelayanan kesehatan yang akan meningkat ke masalah kesehatan ibu dan anak, masalah gizi dan beragam penyakit baik menular atau tidak menular. Masalah Kesehatan ini bisa terjadi pada masyarakat umum atau kelompok rawan (bayi, balita dan ibu), kelompok lanjut usia dan para pekerja.
  • Masalah Kesehatan Masyarakat yang disebabkan Perilaku Kesehatan dipengaruhi tingkat pendidikan, sehingga pengetahuan masyarakat untuk berperilaku sehat sangat kurang. Proses terbentuknya perilaku hidup sehat harus diawali pengetahuan dari pendidikan kesehatan.
  • Masalah Kesehatan Lingkungan, merupakan keadaan lingkungan yang berpengaruh positif terhadap kesehatan masyarakat secara maksimal. Masalah kesehatan lingkungan ini terdiri dari: Kesehatan lingkungan pemukiman, penyediaan air bersih, pengelolaan limbah dan sampah, pengolahan makanan dan pengelolaan scara umum penunjang kesehatan.
  • Masalah Pelayanan Kesehatan, yang bermutu akan menghasilkan kesehatan yang maksimal untuk masyarakat. Pelayanan Kesehatan yang profesional harus sesuai standar ketersediaan sumber daya (petugas kesehatan, bangunan, sarana pendukung) dan prosedur pelayanan yang baik.
  • Petugas kesehatan yang profesional, meliputi tenaga medis, keperawatan, paramedis non keperawatan dan administrasi medis. Saat ini masyarakat sulit menerima pelayanan kesehatan yang maksimal karena masalah petugas yang profesional masih kurang dan tidak terdistribusi secara merata.

Kurangnya pengetahuan dan motif ekonomi untuk mencari keuntungan sering dijadikan alasan mengapa Masalahan Kesehatan Masyakat belum juda bisa terataso. Meskipun saat in pemerintah telah banyak melakukan perbaikan mutu pelayanan kesehatan namun masih ada perilaku petugas kesehatan yang menyimpang dari tujuan awal keberadaannya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Semoga suatu saat Pelayanan Kesehatan lebih maksimal dan Masalah kesehatan masyarakat bisa teratasi.

Ringkasan:
  • Kesehatan Masyarakat adalah kondisi mental, fisik, sosial suatu kelompok yang terhindar dari bibit penyakit,
  • Masalah Kesehatan Masyarakat sering muncul karena kurangnya informasi dan sarana dari pemerintah mengenai Kesehatan,
  • Masalah Kesehatan Masyarakat bisa diatasi dengan menggerakkan potensi masyarakat pemerintah secara maksimal.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Jakarta