Sunday, June 16, 2013

Makanan yang dihindari oleh Penderita Asam Urat


Gambar Pantangan Asam Urat
Makanan Pantangan Asam Urat adalah jenis makanan yang apabila dikonsumsi akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah dan. Adapun pantangan makanan asam urat adalah jenis makanan yang mengandung purin tinggi. Purin adalah salah satu zat makanan yang menyebabkan kambuhnya seseorang yang pernah menderita asam urat, sehingga rasa nyeri pada persendian akan kembali terasa.
Untuk mengurangi rasa sakit, banyak penderita asam urat mengkonsumsi obat-obatan medis yang di beli di apotik atau toko di dekat rumah. Namun yang perlu diperhatikan, obat-obat tersebut dapat menyebabkan fungsi organ ginjal terganggu. Sehingga cara termudah untuk Mengobati Asam Urat adalah dengan menghindari Makanan Pantangannya dan melakukan pola hidup yang lebih sehat, seperti melakukan olahraga secara rutin, terutama untuk para lansia.
Makanan Pantangan Asam Urat
Jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat tentu saja adalah makanan yang banyak mengandung Purin tinggi, yang diantaranya adalah:
  1. Makanan laut yang dikemas dalam kaleng, seperti corned dan ikan sarden. Hal ini termasuk masuk remis, udang, cumi-cumi kepiting, dan tiram, meskipun makanan ini dalam keadaan segar (tidak dikemas dalam kaleng)
  2. Menghindari minuman dan makanan yang mengandung alkohol tuak, seperti, bir, tapai atau makanan yang dibuat dengan menggunakan banyak ragi.
  3. Hindari konsumsi makanan yang dibuat dari Jeroan hewan seperti hati,usus, paru, limpa, otak, ginjal,  jantung, dan jenis jeroan lainnya.
  4. Makanan Pantangan untuk penderita Asam Urat yang terakhir adalah beberapa jenis buah-buahan yang banyak mengandung purin tinggi, seperti alpokat, durian, air kelapa muda, dan emping melinjo.

Sedangkan makanan yang harus dibatasi konsumsinya, karena mengandung purin rendah adalah:
  1. Ikan, daging kambing dan ayam, Tahu dan tempe, daging ayam, daging sapi
  2. Sayur bayam, kangkung, tauge, brokoli, daun papaya dan ketela, asparagus, jenis kacang-kacangan dan  jamur.
  3. Makanan yang mengandung lemak tinggi, seperti margarine, santan, mentega atau makanan yang digoreng.
  4. Makanan yang termasuk dalam golongan fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirup

Sedangkan makanan Aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah :
  1. Makanan sebagai sumber karbohidrat seperti kentang, beras, singkong, tepung tapioka, terigu, makaroni, hongkwe, mie, bihun, biskuit dan roti.
  2. Beberapa jenis buah seperti melon, semangka, nanas, jambu air dan belimbing.
  3. Makanan olahan yang dapat dikonsumsi langsung keju, susu dan telur.

Penderita asam urat juga disarankan untuk mengkonsumsi air putih minimal 8-10 gelas per hari dan disertai olah raga ringan secara rutin. Hal ini bertujuan agar asam urat yang berlebih dalam darah mudah dikeluarkan melalui urine, keringat. Apabila kadar asam urat dalam darah normal makan organ ginjal serta saluran kandung kemih tidak mengalami penumpukan dan penyumbatan. Perhatikan juga Makanan Pantangan untuk Penderita Asam Urat, agar rasa sakit pada persendian tidak lagi anda rasakan.
Ringkasan:
  • Penyakit Asam Urat disebabkan karena tingginya kadar Asam Urat dalam Darah, menyebabkan rasa sakit pada persendian,
  • Makanan Pantangan untuk Penderita Asam Urat, dihindari untuk mencegah naiknya kadar Asam Urat dalam Darah,
  • Konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari akan mengurangi resiko gejala asam urat.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Jakarta