Saturday, June 29, 2013

Tips Bepergian saat Hamil agar Tetap Sehat


Gambar Bepergian saat Hamil
Kondisi Badan Ibu Hamil sangat rentan dan jauh lebih mudah lelah. Maka sebelum bepergian jauh (berlibur misalnya), sebaiknya anda berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan anda. Terutama apabila ada gejala tekanan darah tinggi, kencing manis, atau penyakit lainya. Pada trimester pertama biasanya badan masih menyesuaikan diri dengan perubahan fisik dan emosi akibat kehamilan, sehingga bepergian jauh pada fase kehamilan tersebut tidak dianjurkan.

Perencanaan Bepergian saat Hamil

Perencanaan saat akan bepergian bagi ibu hamil sangat penting dilakukan, hal ini Karena kondisi badan Ibu Hamil yang lebih mudah lelah. Adapun perencanaan yang bisa anda lakukan adalah:

  • Batasi kegiatan agar tidak mudah capek,
  • Bawa kebutuhan yang biasanya bisa membuat anda nyaman seperti tissue basah, tabir surya dan keperluan pribadi lainnya.
  • Jangan bepergian ke banyak tempat sekaligus, pergilah ke satu tempat saja,
  • Rencanakan jadwal bepergian sekaligus dengan waktu istirahat,
  • Hindari terkena sinar matahari secara langsung dan perbanyak minum air putih,
  • Hindari bepergian dengan tur, karena jadwal yang dibuat biasanya padat dan terburu-buru,
  • Selingi kegiatan yang melelahkan dengan bersantai, misalnya dengan membaca, menonton atau tidur siang di kendaraan,
  • Selalu mengkonsumsi makanan yang bersih dan hindari makanan yang belum matang seperti buah yang belum dikupas, sayuran mentah, dan susu yang belum dipasteurisasikan, anda juga bisa membawa cemilan sehat untuk Ibu Hamil, seperti Kripik Ikan Laut dan makanan lain favorit anda.
  • Gunakan alas kaki dan pakaian yang nyaman,

Tips Bepergian dengan Mobil untuk Ibu Hamil

Bawalah bekal makanan bergizi seperti susu, jus buah dan Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil. Hal ini dikarenakan Ibu Hamil sering merasa lapar, sehingga bekal yang anda bawa akan sangat berguna, dan dijamin higenis. Untuk perjalanan jauh, bawalah bantal untuk mengganjal punggung dan leher. Gunakan juga jenis mobil yang mampu memberikan ruang untuk kaki ibu hamil bergerak bebas.

Tips Bepergian Dengan Menggunakan Pesawat Untuk Ibu Hamil

Sebelum memutuskan untuk bepergian dengan pesawat, anda harus berkonsultasi dengan Dokter kandungan anda. Namun untuk Kehamilan Trimester pertama, sebaiknya anda menghindari untuk bepergian dengan pesawat. Karena pada masa ini janin masih dalam kondisi lemah. Bepergian dengan menggunakan pesawat juga tidak disarankan pada Trimester Ketiga, karena mungkin saja kelahiran bisa terjadi sewaktu-waktu.

Namun bagi anda yang harus dengan terpaksa menggunakan pesawat,  pilihlah pesawat yang menyediakan jarak antar kursi yang lebar sehingga memudahkan anda bergerak dan ketika akan berdiri dari kursi. Pakailah sabuk pengaman dengan nyaman dibawah perut. Jangan lupa minum susu, jus buah atau air putih untuk menghindari dehidrasi.

Ringkasan:
  • Sebelum bepergian jauh, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan dokter kandungan,
  • Bepergian jauh saat kehamilan trimester pertama dan ketiga tidak dianjurkan untuk Ibu Hamil,
  • Banyak Minum penting untuk ibu hamil untuk menghindarkan resiko dehidrasi.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Jakarta