Thursday, March 7, 2013

Alasan Kenapa Kurang tidur Menjadi Penyebab Diabetes



Kurang Tidur menjadi Penyebab Diabetes
Bagi anda yang kurang tidur setiap harinya akan menghadapai konsekuensi yang lebih besar, selain dari pada kelelahan dan sulit berkosentrasi. Karena berdasarkan penelitian, kebiasaan kurang tidur dalam jangka panjang akan meningkatkan risiko dan menjadi Penyebab Diabetes dan Obesitas. Dalam penelitian tersebut, para Para ilmuwan menemukan bahwa pola tidur anda ternyata berpengaruh pada kadar gula darah, hormon yang mengontrol nafsu makan, bahkan persepsi otak dengan makanan yang mengandung kalori tinggi.

Sebuah penelitian kecil yang dimuat dalam jurnal The Annals of Internal Medicine juga menyimpulkan, kurang tidur juga mengurangi kemampuan sel lemak untuk merespon insulin, hormon yang mengatur metabolisme yang menjadi pemicu terjadinya Diabetes.

Pengujian yang dilakukan adalah dengan metode, partisipan diminta tidur 8 malam di laboratorium tidur. Selama 4 malam pertama mereka tidur dengan jam normal, dan 4 malam berikutnya jam tidur mereka dibatasi selama 4,5 jam. Dan ternyata, setelah 4 malam kurang tidur, sensitivitas insulin para responden turun hingga 16%. Untuk selanjutnya ensitivitas insulin sel lemak turun hingga 30 % pada level yang biasa dialami oleh orang yang menderita obesitas atau diabetes.

Bila resitensi insulin ini sering terjadi, maka kelebihan gula darah dan kolesterol akan berakumulasi di aliran darah dan akan memicu diabetes dan penyakit jantung. Kurang tidur akan memberikan respon stres tubuh sehingga terjadi pelepasan stres hormon kortisol dan neropinehrin, horman yang berkaitan dengan resistensi insulin dalam tubuh.

Kesimpulan:

  • Kurang tidur menjadi salah satu Penyebab Diabetes,
  • Kondisi tersebut mempengaruhi system metabolisme hormone dalam tubuh,
  • Kurang tidur juga menyebabkan respon stres tubuh yang mempengaruhi hormone.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Jakarta