Monday, March 4, 2013

Cara dan Tips Sehat Makanan Sehat untuk Ibu Hamil


Bila Anda biasanya cuek soal makanan apa yang Anda konsumsi, dan mungkin hanya berprinsip yang penting cukup bersih, enak dan terjangkau harganya. Anda tidak dapat lagi menerapkan kebiasaan ini, saat hamil. Karena nutrisi yang cukup, sangat penting bagi ibu hamil. Ibu hamil hendaknya memperhatikan benar asupan gizi bagi tubuhnya dan terutama yang sangat dibutuhkan bagi janin yang sedang dikandung, seperti kebutuhan akan karbohidrat, protein, ion, asam folat, kalsium dan sederetan vitamin yang penting bagi perkembangan janin. 
Wanita hamil, membutuhkan setidaknya 285kkal tambahan energy perhari dari kebutuhan wanita dewasa yang tidak hamil yang sebesar 1900-2400kkal/hari. Untuk itu, perlu pasokan energi dari makanan-makanan yang dikonsumsinya (sebagai catatan, jika sebelum hamil sudah mengalami kelebihan berat badan, baik untuk mengurangi pasokan tambahan makanan selama hamil, agar tidak terjadi obesitas yang akan mempersulit proses persalinan).
Sebenarnya, asupan makanan untuk ibu hamil, sama saja dengan wanita yang tidak hamil, namun selain makanan itu harus sehat, baik untuk lebih berhati-hati memilih dan perlu diperhatikan, beberapa kategori makanan yang boleh dikonsumsi ibu hamil berikut;
Makanan yang halal
Ini sudah pasti, karena makanan adalah kebutuhan pokok/utama bagi manusia . Apa yang kita konsumsi, menentukan pola pikir, perilaku dan sikap kita nantinya, untuk itu seharusnya kita bekali janin kita dengan makanan sehat agar kelak tumbuh menjadi manusia yang berakhlak baik dan berbudi mulia.
Makanan yang baik
Artinya makanan itu baik dalam hal prosesnya, cara memasaknya, kadar kandungannya, dll. Setidaknya, makanan baik memenuhi kriteria berikut;
  • Bersih
  • Layak konsumsi : tidak berbau, warna cerah, rasa wajar
  • Aman kandungannya : bebas pewarna, pengawet, zat-zat kimia,(hindari MSG dan Vetsin yang sangat membahayakan tubuh)
  • Benar proses : matang, dan menggunakan bahan alami
Makanan sesuai kebutuhan
Kebutuhan bagi wanita hamil diantaranya;
Karbohidrat, adalah kebutuhan utama bisa didapat dari gula putih dan gula jawa. Ada pula karbohidrat kompleks seperti dari tepung, beras, gandum, jagung, dll
Protein, zat gizi untuk pertumbuhan. Banyak terdapat dalam; Ikan, Ayam, Daging, Telur, Kacang-kacangan, Tempe dan Tahu. Kacang kedelai dan kacang hijau dapat jadi alternative yang baik.
Lemak, sumber kalori untuk melarutkan vitamin A,D,E dan K. banyak terdapat dalam minyak goreng, margarine, mentega, juga bahan makanan hewani atau nabati.
Vitamin, diantaranya ;
  • Vitamin A
Untuk pertumbuhan tulang, mata, rambut, kulit, dan penting untuk mencegah kelainan bawaan. Dapatkan dalam  kuning telur,susu, keju, mentega, hati juga minyak ikan.  Provitamin A dalam daun singkong, kangkung, wortel, tomat.
  • Vitamin B
Terdiri dari sekelompok vitamin yang dapat menjaga system susunan syaraf agar berfungsi baik dan normal. Ada dalam roti, nasi, susu,daging  juga makanan fermentasi seperti tempe dan tahu.
  • Vitamin  C
Pembentuk dan integritas jaringan juga penyerapan zat besi. Terdapat pada sayuran dan buah segar.

Mineral, sebagai pengatur keseimbangan cairan tubuh, pertumbuhan dan memperkuat jaringan.
Zat besi, membentuk sel-sel darah merah. Terdapat pada daging, ikan, hati, ayam juga sayuran hijau.
Kalsium, untuk pertumbuhan tulang, gigi dan penggumpal darah. Kalsium juga berguna untuk fungsi otot dan syaraf yang normal. Susu sapi dan produk-produk olahannya, kaya akan kalsium.
Seng, mencegah kelainan perkembangan otak, mencegah lambannya pertumbuhan janin. Daging, telur, ayam, hati, seafood, sisi dan kacang-kacangan adalah sumber zat seng.
Asam Folat, dibutuhkan untuk meningkatkan metabolism tubuh, mencegah anemia, prosuksi hemoglobin dan pembentukan materi inti sel DNA dan RNA. Dapatkan zat ini pada hati sapi, bayam, brokoli, pisang dan kuning telur.
Iodium, yang banyak terdapat pada seafood, rumput laut, dan sebagainya ini, berfungsi untuk susunan syaraf pusat, kaitannya dengan daya pikir juga pendengaran. Kekuarangan iodium, dapat mengakibatkan cacat fisik, mental kemampuan pendengaran yang rendah sampai tuli.
Makanan sehat, bergizi dan bernutrisi memang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil, namun perlu diingat untuk juga menjaga keseimbangan asupannya. Jangan sampai kelebihan zat tertentu yang justru berdampak kurang baik. Variasikan menu harian Anda agar tidak bosan, juga rgar dapat asupan nutrisi yang seimbang dan tentunya sehat selama hamil, baiknya memilik menu 4 sehat 5 sempurna dalam setiap sajian makanan Anda.
sumber: http://carapedia.com/makanan_sehat_ibu_hamil_info862.html
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Jakarta