Saturday, March 23, 2013

Lendir di Saluran Pernapas dapat Menyebabkan Kematian


Bahaya Penyakit Asma
Lendir di saluran pernapasan berfungsi menjaganya agar tidak kering. Namun, lendir yang berlebihan khususnya pada penderita asma bisa saja menyebabkan kematian pada dirinya. Ketahanan tubuh dan saluran pernapasan dijaga oleh mekanisme yang tidak spesifik, seperti batuk, termasuk sistem lendir di saluran pernapasan.

Mukus tersebut berfungsi untuk menjaga kelembaban saluran napas dan menjerat mikroorganisme atau kotoran untuk dikeluarkan lewat batuk. Bentuk Mukus biasanya encer, namun juga bisa mengental yang berfungsi untuk menangkap mikroorganisme atau kotoran. Gen mukus yang tadinya berbentuk butiran, setelah teraktivasi oleh kuman  akan  berubah menjadi lendir. Pada penderita asma, mukus diproduksi terus. Untuk asma ringan, terjadi pembersihan saluran napas sentral. Produk dari peradangan di jalan napas ikut memicu peningkatan produksi mukus.

Pada asma kronis, mukus yang kental dan lengket sangat sulit diurai. Adanya ikatan disulfida membuat pelekatan kuat dan sulit dilepaskan. Sumbatan menjadi parah. Untuk mengatasinya, ikatan disulfida perlu diputus sehingga lendir cair dan mudah dikeluarkan. Salah satu cara adalah dengan obat N-Acetylcysteine. Dan apabila Pada penderita asma kronis (penyakit peradangan kronis dan terkait dengan kesensitifan tidak segera diobati, akhirnya tentu akan menyumbat jalan napas dan beresiko besar menyebabkan kematian

N-Acetylcysteine digunakan sebagai agen mukolitik untuk Mengobati Asma. Obat ini memengaruhi ekspresi lendir dengan mengatasi peradangan. Zat itu berinteraksi dengan ikatan disulfida pada protein di lendir bronkus, kemudian memecahnya sehingga menjadi lebih cair dan mudah dikeluarkan, biasanya melalui mulut. N-Acetylcysteine terbukti menjadi agen antioksidan yang dapat meredakan peradangan. Selain itu, untuk mengurangi Lendir di Saluran Pernapas lebih banyak lagi, penderita harus pandai mengelola asma, tentu saja dengan pola hidup sehat, banyak berolah raga dan menghindari rokok.

Ringkasan:

  • Lendir pada saluran pernapasan, berfungsi menjaga kelembaban, menyaring mikroorganisme dan kotoran,
  • Lendir yang terdapat di saluran pernapasan terutama pada penderita asma dapat menyebabkan kematian,
  • Produksi lendir yang berlebihan pada penderita asma bisa diatasi dengan obat N-Acetylcysteine.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Jakarta