Tuesday, March 26, 2013

Tips Menurunkan Kolesterol dengan Menggunakan Bakteri Baik



Tips Menurunkan Kolesterol
Bagi anda yang saat ini mempunyai kadar kolesterol tinggi, sebaiknya memperhatikan dan mencermati Tips Menurunkan Kolesterol yang kami sajikan ini. Hal ini dikarenakan sudah menjadi rahasia umum, tingginya kolesterol akan memicu berbagai penyakit, seperti serangan jantung, Gangguan ereksi, gangguan pembuluh darah dan Stroke. Tingginya kadar banyak disebabkan karena Pola makan, Berat badan, Tingkat aktivitas, Usia dan jenis kelamin, Kesehatan keseluruhan, Riwayat keluarga dan Merokok.

Bakteri baik atau Probiotik yang sering ditemukan dalam yogurt, menjadi terkenal karena fungsinya pada kesehatan tubuh manusia, salah satunya yaitu untuk menurunkan tingginya tingkat kolesterol jahat. Pernyataan tersebut diperkuat oleh hasil penelitian yang dilakukan di Kanada oleh Mitchell Jones, yang menemukan bahwa konsumsi probiotik dua kali sehari cukup efektif menurunkan kadar kolesterol jahat atau kolesterol total.

Jones juga meneliti apakah probiotik bisa menurunkan kadar kolesterol ester, molekul kolesterol yang menempel pada asam lemak. Kolesterol ester bersama dengan LDL merupakan faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Penelitian tersebut melibatkan 127 orang dewasa yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Setengah dari peserta penelitian diberikan L.reuteri NCIMB 30242, formula bakteri lactobasilus dua kali sehari, sedangkan sisanya diberikan kapsul plasebo.

Setelah 9 minggu didapatkan hasil, mereka yang mendapatkan probiotik kadar LDL-nya turun 11,6 % dibandingkan dengan yang mendapat plasebo. Kolesterol ester juga turun sampai 6,3 % dan kolesterol ester asam lemak jenuh turun hingga 8,8 %. Orang yang rajin mengkonsumsi Bakteri Baik (Probiotik) ini juga mengalami penurunan kolesterol total sampai dengan 9,1 %. Sedangkan kadar kolesterol baik dan trigliserida tidak berubah. 

Lactobasilus atau jenis bakteri baik menurunkan kolesterol dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memecah bagian molekul yang disebut dengan asam empedu. Laktobasilus reuteri NCIMB 30242 sudah difermentasi dan diformulasi untuk meningkatkan efek pada kolesterol dan asam empedu. Berdasarkan korelasi antara penurunan LDL dan pengukuran empedu di usus, hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa probiotik memecah asam empedu sehingga mampu menurunkan penyerapan kolesterol di usus dan penurunan LDL. Untuk kesimpulan akhir mengenai Tips Menurunkan Kolesterol, adalah dibutuhkan 200 miligram probiotik setiap hari, jauh lebih sedikit dibandingkan dengan serat larut.

Ringkasan:

  • Tingginya Kolesterol dalam tubuh menjadi pemicu beberapa penyakit mematikan,
  • Penyebab tingginya kadar kolesterol adalah beberapa pola hidup tidak sehat dan factor keturunan,
  • Menurunkan Kolesterol bisa dilakukan dengan mengkonsumsi Probiotik 200 miligram per hari.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Jakarta