Tuesday, March 26, 2013

Wajarkah Nyeri Payudara (Mastalgia) pada Wanita?



Mastalgia nyeri pada Payudara
Nyeri payudara biasanya digambarkan dengan rasa sakit di salah satu atau kedua payudara, rasa seperti terbakar atau sesak di jaringan payudara pada wanita ataupun pria. Gejala ini lebih sering terjadi pada remaja, perempuan premenopause dan perempuan perimenopause. Meski memang Nyeri payudara ini umum dan dapat disebabkan oleh berbagai kondisi seperti; gejala kehamilan, pubertas dan kondisi normal lainnya. Namun nyeri payudara yang berlangsung terus sebaiknya harus segera anda periksakan, karena mungkin merupakan tanda awal dari kista atau tumor.

Mastalgia dibedakan menjadi dua jenis yaitu nyeri cyclic (biasanya berhubungan dengan siklus menstruasi dan tidak berbahaya) dan noncyclic( disebabkan dari payudara itu sendiri atau struktur di sekitarnya. Agar lebih jelas mengenai penyebab Nyeri payudara di bawah ini beberapa penjelasan mengenai penyebab Meski begitu ada beberapa faktor pemicu yang menyebabkan Mastalgia, yaitu:
  1. Ukuran Payudara yang mempunyai resiko lebih tinggi mengalami nyeri payudara non-cyclic. Rasa tidak nyaman biasanya juga dirasakan di leher, bahu dan punggung. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa operasi pengurangan ukuran payudara  bisa mengurangi masalah ini.
  2. Penggunaan ukuran bra yang terlalu kecil akan memicu rasa nyeri, hal ini karena bra tersebut akan menekan payudara dan tidak menyangganya dengan baik.
  3. Anatomical factors, non-cyclic breast pain caused by over anatomy triggered by trauma such as surgery, cyst or other factors associated with breast. Mastalgia also be caused by factors outside as the chest wall, muscle, joints or heart that eventually spread to the breast.
  4. Ketidakseimbangan asam lemak, biasanya akan mempengaruhi sensitivitas jaringan payudara terhadap sirkulasi hormon. Sehingga orang yang memiliki jumlah asam lemak tidak seimbang akan sebaiknya mengkonsumsi mengatur keseimbangan dan mengurangi kepekaan jaringan payudara, obat tersebut tentu harus dengan resep dokter.
  5. Konsumsi obat tertentu, beberapa konsumsi obat hormon seperti obat kontrasepsi, perawatan kesuburan dan obat antidepresan biasanya akan memicu nyeri di payudara.
Gejala Nyeri Payudara Yang Berbahaya
Meski banyak rasa Nyeri Payudara yang dirasakan wanita tidak berbahaya, namun pada kondisi-kondisi tertentu, rasa nyeri ini tidak diabaikan dan harus konsultasikan ke dokter: rasa nyeri itu diantaranya adalah:
  1. Mastalgia terjadi secara terus menerus setiap hari selama lebih dari beberapa minggu
  2. Mastalgia yang terjadi terlokalisir pada satu daerah tertentu dari payudara
  3. Rasa Mastalgia semakin meningkat dari waktu ke waktu
  4. Mastalgia mengganggu kegiatan sehari-hari.
Pengobatan Nyeri Payudara
Beberapa solusi awal untuk mengatasi Nyeri panyudara adalah dengan menggunakan bra yang sesuai untuk mengurangi pergerakan dan tekanan payudara pada dinding dada. Anda sebaiknya juga mencatat dan menandai kapan saja rasa nyeri tersebut timbul sehingga bisa diperkirakan penyebabnya ketika anda melakukan konsultasi dengan dokter.

Sedangkan Nyeri Payudara yang umum terjadi sebelum menstruasi (Mastodinia) bisa diatasi dengan menggunakan Support bra atau sports bra, olahraga secara teratur dan menghindari garam (dalam makanan dan minuman rendah kalori umumnya mengandung banyak garam), kafein, cokelat, dan semua yang bisa menyebabkan pembengkakan payudara sementara dan Nyeri Payudara. Pengobatan lain untuk Mastodinia adalah dengan latihan pernapasan, mandi air hangat, relaksasi, 400 miligram ibuprofen hingga empat kali sehari, menempatkan daun kubis di sekitar bagian yang sakit dan memperbanyak Konsumsi vitamin B6, B1 dan E.

Ringkasan:

  • Mastalgia adalah rasa nyeri pada payudara yang bisa terjadi pada wanita atau pria,
  • Gejala awal Mastalgia bisa diatasi dengan menyesuaikan ukuran bra, olahraga, menghindari garam dan makan-makanan yang sehat,
  • Beberapa Jenis Vitamin B juga diketahui dapat mengurangi rasa Nyeri Panyudara.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Jakarta