Thursday, March 14, 2013

Memahami Penyebab Kerusakan Mata dan Sindrom Penglihatan



Pemeriksaan Kerusakan Mata
Banyak orang dan mungkin termasuk anda lebih memilih perangkat mobile seperti tablet, computer atau laptop untuk menjelajah internet, termasuk membaca majalah, koran atau buku. Namun yang perlu diperhatikan adalah apakah perlengkapan tersebut mempengaruhi kesehatan terutama kesehatan mata anda? 

Membaca melalui perangkat elektronik tersebut apabila dilakukan dengan aturan yang tepat memang tidak akan merusak mata. Namun ketika anda menghabiskan waktu lebih dari dua jam menatap layar tanpa istirahat, akan meningkatkan sindrom penglihatan komputer atau Kerusakan Mata. Adapun gejala Sindrom penglihatan adalah iritasi, mata merah, berair, atau bahkan terasa kering. Untuk gejala lebih lanjut kelelahan mata diikuti dengan kelopak mata atau dahi terasa berat. Selain sulit fokus, gejala Sindrom penglihatan juga diikuti dengan sakit kepala.

Sindrom penglihatan disebabkan oleh frekuensi berkedip yang menurun akibat menatap layar komputer dalam waktu lama, atau dengan posisi komputer dan pengaturan cahaya yang salah. Untuk mencegah sindrom penglihatan anda bisa memilih tampilan huruf yang mendekati tinta huruf di media cetak, misalnya electronic ink. Anda juga bisa mengatur besar kecil cahaya di layar, jangan membaca dalam cahaya yang sangat kontras dan dalam ruangan gelap.

Tips Mengurangi Resiko Kerusakan Mata

Mata manusia terdiri atas tiga set sel otot. Dan anda bekerja di depan komputer sel otot ini akan bekerja lebih keras karena mata anda harus melihat benda dalam jarak dekat. Sel otot extraocularbekerja untuk membuat mata masuk ke dalam dan keluar, otot sphincter bekerja untuk memperbesar dan mengecilkan pupil, sedangkan sel otot ciliar berfungsi mengkerutkan lensa agar dapat memproduksi citra atau gambar objek lebih jelas.

Jika mata Anda mulai lelah setelah lama menatap layar
perangkat elektronik, maka coba lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Alihkan pandangan dari layar
perangkat elektronik

Beristirahatlah setiap 20 menit sekali untuk menghindari kelelahan mata. Setelah 20 menit membaca, pandanglah objek yang jauh sekitar 20 detik.

2. Ubah setting komputer Anda

Salah satu penyebab Sindrom penglihatan adalah radiasi dari pencahayaan komputer yang kuat. Atur ulang pencahayaan di komputer Anda, agar mata lebih nyaman untuk melihat ke komputer. Cahaya yang terlalu terang pada layar akan membuat banyak cahaya masuk ke mata, sehingga mata akan cepat lelah. 

3. Atur Jarak Pandang ke Layar

Membaca Layar perangkat elektronik sebaiknya juga berjarak 50-75 sentimeter dari mata, aturlah posisi layar sehingga mata menjadi lebih nyaman saat membaca.

4. Meningkatkan intensitas Berkedip

Ketika berada di depan layar perangkat elektronik, secara tak sadar mata anda lebih jarang berkedip. Hal tersebut membuat mata lebih kering dan lebih mudah lelah dan tegang. Agar mata terasa lebih rileks, jagalah frekuensi berkedip lebih sering sehingga mata tidak kering, dan mengurangi rasa tegang dan lelah.

5. Mencuci mata dan muka

Mencuci muka dan mata sekaligus dengan air dingin akan membantu mata menjadi rileks dan kembali segar, sehingga mengurangi ketegangan mata akibat lelah.

Dengan sikap dan pengaturan yang tepat hobi anda membaca di layar perangkat elektronik, atau anda yang memang bekerja di dapat komputer, tidak perlu takut lagi terhadap salah satu Penyebab kerusakan mata ini. Agar lebih terawat, konsumsi juga beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin A, agar kesehatan mata anda tetap terjaga.

Kesimpulan:

  • Kemajuan teknologi menyebabkan manusia lebih suka membaca melalui perangkat elektronik,
  • Layar perangkat elektronik menjadi salah satu penyebab kerusakan mata,
  • Perawatan Kesehatan Mata bisa dilakukan dengan cara alami dan mudah.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Jakarta