Monday, March 25, 2013

Mengenal Penyakit Alzheimer Saat Usia Muda

Mengenal Penyakit Alzheimer dan Kepikunan Dini
Alzheimer adalah penyakit dengan kondisi kecerdasan intelektual dan kemampuan bersosialisasi menurun secara drastis, sehingga mempengaruhi aktivitas harian. Pasien Alzheimer mengalami penurunan kesehatan jaringan otak, menyebabkan menurunnya daya ingat dan kemampuan mental. Alzheimer memang bukan merupakan penyakit menular, namun adalah sejenis sindrom dengan apoptosis sel – sel otak pada saat bersamaan.

Hal tersebut menyebabkan otak mengerut dan mengecil sehingga mengurangi daya ingat dan secara bertahap menghapus memori ingatan pada penderitanya. meski lebih banyak ditemukan pada orang tua berusia 65 tahun ke atas, namun saat ini beberapa gejala Penyakit Alzheimer juga banyak ditemukan pada usia muda dan jumlahnya terus meningkat. Saat ini di Amerika Serikat ditemukan lebih dari 4 juta orang usia lanjut penderita penyakit Alzheimer, dan diperkirakan akan meningkat 4 kali pada tahun 2050.

Alzheimer adalah Penyakit yang termasuk dalam sub tipe penyakit demensia, suatu penyakit degeneratif yang banyak diderita oleh anda yang telah berumur di atas 50 tahun. bahkan Beberapa kasus penyakit demensia Alzheimer juga diderita oleh orang yang berusia 40 tahun. Dan apabila gejala itu muncul di atara anda yang berumur dibawah 30 tahun, lebih disebabkan karena faktor kecemasan atau sulitnya dalam beradaptasi dengan lingkungan dan sulit konsentrasi. Sehingga yang perlu dilakukan adalah anda harus menemukan pemicu kecemasan anda dan berusaha untuk mengatasinya.

Gejala Awal Penyakit Alzheimer

Selama ini pasien alzheimer tidak menunjukkan adanya gangguan dengan daya ingat, sampai akhirnya mereka mengalami kondisi yang memburuk dengan beberapa bagian otak sudah hancur dan penyakitnya tidak lagi dapat disembuhkan. Gangguan tidur pada orang yang berusia di atas 60 tahun diduga kuat, merupakan gejala awal penyakit Alzheimer. Pencarian gejala awal alzheimer penting dilakukan untuk mencari cara pengobatan, yang tentu harus melibatkan anggota keluarganya sendiri.

Beragam Penyebab Penyakit Alzheimer Saat Usia Muda

Pengobatan sejak dini dilakukan untuk mencegah rusaknya ingatan dan kemampuan berpikir pasien yang menderita Alzheimer. Bahkan dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa tanda-tanda penyakit Alzheimer sudah dapat dideteksi 20 tahun lebih awal sebelum gejala pertama Penyakit Alzheimer biasanya terlihat. penelitian yang dilakukan oleh lembaga alzheimer banner di arizona mengkaji sekelompok pasien di kolombia yang menderita alzheimer secara turunan. dan didapatkan hasil bahwa berlangsungnya mutasi genetika membuat para pasien tersebut sudah menderita alzheimer pada usia 40 dan kondisinya akan semakin parah, berdasarkan pengaruh usianya. Selain diakibatkan oleh factor keturunan atau genetic, penyebab Penyakit Alzheimer adalah; Penderita hipertensi yang mencapai diatas 40 tahun, Penderita kencing manis atau diabetes mellitus, Kurang aktifitas atau olah raga dan mempunyai Tingkat kolesterol yang tinggi.

Alzheimer Pada Pasien Wanita

Berdasarkan penelitian tersebut, memperkuat kenyakinan bahwa Alzheimer berkembang jauh sebelum penderita menyadari bahwa dirinya menderita penyakit yang berbahaya. Dan perlu diketahui bahwa, penyakit ini akan semakin parah dirasakan pada pasien wanita. para peneliti beranggapan bahwa Setelah memasuki masa menopause, kaum wanita akan kehilangan hormon estrogen, sedangkan pada pria memiliki cadangan kognitif yang melindungi diri dari Alzheimer.

Sampai saat ini, penyakit Alzheimer belum ditemukan obatnya, namun perawatan yang tepat, dukungan dan kasih sayang dari teman dan keluarga dapat memperbaiki kualitas hidup pasien yang menderita Penyakit Alzheimer.

Ringkasan:
  • Alzheimer adalah penyakit yang menyerang sel otak, sehingga mempengaruhi kecerdasan intelektual dan kemampuan bersosialisasi,
  • pola hidup tidak sehat, factor usia dan keturunan merupakan penyebab Penyakit Alzheimer,
  • Penyakit Alzheimer belum ditemukan obatnya.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Jakarta