Sunday, March 24, 2013

Teknik Menyikat Gigi yang Tepat untuk Kesehatan Mulut



Teknik Menyikat Gigi
Beberapa keluhan seperti gigi berlubang, gusi bengkak dan sakit gigi bisa saja dialami oleh anda yang sudah secara rutin menyikat gigi. Hal ini dikarenakan, Teknik Menyikat Gigi yang tidak benar, bahkan menjadi salah satu penyebab gigi anda berlubang dan permasalahan mulut lainnya. Kesehatan mulut akan dapat anda miliki, ketika anda mampu menjaga organ penyusun mulut seperti; gigi, gusi dan lidah. Dan cara termudah untuk menjaga organ-organ mulut tersebut, tentu saja dengan memperhatikan beberapa aspek mengenai menyikat gigi dengan teknik yang tepat, yang diantaranya adalah:

1. Pemilih jenis sikat gigi yang tepat

Sesuaikan ukuran sikat gigi dengan ukuran mulut anda, apabila Jika menyikat gigi, mulut anda harus membuka sangat lebar, segera ganti ukuran sikat gigi yang lebih kecil. Pilih juga pegangan sikat gigi yang menurut anda paling nyaman.

2. Pemilih bulu sikat gigi yang tepat

Jenis bulu sikat gigi adalah soft, medium, dan hard. Dan perkumpulan Dokter Gigi di Amerika lebih menyarankan penggunaan jenis bulu sikat yang soft. Namun pada dasarnya gerakan menyikat gigi yang paling berperan dalam menghilangkan plak.

3. Lakukan Minimal 2 Menit

agar didapatkan hasil yang maksimal, membersikan gigi dengan sikat gigi, Sebaiknya dilakukan dalam waktu minimal 2 menit atau 3 menit. Jadi, yang perlu diingat adalah anda tidak boleh terburu-buru melakukannya.

4. Lakukan 3-4 Kali Sehari

Frekuensi terbaik untuk menyikat gigi adalah 3 kali sehari, dan apabila dilakukan lebih dari 4 kali, juga kurang tepat. Gerakan menyikat didi adalah dengan tekanan yang lembut, dan jangan terlalu keras. Tekanan yang terlalu keras saat menyikat gigi dapat menyebabkan pengikisan email gigi dan menyebabkan iritasi pada gusi anda.

5. Gerakan menyikat gigi


  • Teknik Bass, adalah teknik menyikat gigi dengan meletakkan sikat gigi 45 derajat ke arah pangkal gigi. Tekan perlahan sambil dilakukan gerakan berputar kecil dengan sedikit getaran.
  • Teknik Roll, yaitu teknik membersihkan gigi dengan melakukan gerakan berputar besar pada seluruh permukaan gigi bagian atas dan bawah. Teknik ini adalah yang paling banyak digunakan, mudah dilakukan, dan cukup efektif.
  • Teknik modifikasi Bass, yaitu dengan melakukan teknik Bass ditambah dengan gerakan sirkular hingga mencakup permukaan gusi. 
  • Teknik lain yang jarang digunakan karena agak sulit dilakukan oleh pasien, adalah: Teknik Stillman, Teknik Fones, Teknik Charter, Teknik modifikasi Charter.
6. Bersihkan secara keseluruhan

Banyak orang yang hanya membersihkan bagian luar gigi saja. Namun bagi ada jangan malas untuk membersihkan permukaan gigi bagian dalam, yaitu permukaan gigi yang menghadap lidah dan langit-langit. Karena dengan kebersihan seluruh gigi,kesehatan mulut akan tetap terjaga.

7. Bersihkan sikat gigi setelah digunakan

Sikat gigi yang telah digunakan sebaik anda cuci dengan menggunakan air mengalir. Jangan sampai ada sisa-sisa pasta gigi yang tertinggal dan menjadi tempat berkumpulnya bakteri.

8.    Simpan Sikat Gigi dengan Tepat

Setelah sikat gigi dibersihkan dengan air mengalir, segera pasang penutup kepala sikat gigi dan letakkan secara vertikal, dengan kepala sikat gigi berada di bagian atas, anda bisa menggantungkan atau dengan meletakan pada wadah.

9.    Ganti Sikat Gigi secara Rutin

Waktu yang dianjurkan untuk mengganti sikat gigi adalah 3 atau 4 bulan sekali, atau segera ganti sikat gigi anda ketika bulu sikat terlihat sudah tidak sempurna. Penggantian sikat gigi, sebaiknya juga dilakukan setelah anda sembuh dari penyakit yang diderita.

Setelah melaksanakan teknik-teknik tersebut diatas, dan Untuk perawatan lebih lanjut, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Konsultasikan juga mengenai Teknik Menyikat Gigi yang anda gunakan, apakah sudah tepat ataukah belum. Hal ini harus lebih anda tingkatkan saat ini, karena peringatan Hallowen beberapa hari yang lalu tentu masih menyisakan beberapa permen yang belum anda konsumsi. Maka dengan meningkatkan Kesehatan gigi di Peringatan Hallowen Tahun 2012, diharapkan rasa sakit gigi akan terhindar dari anda.

Ringkasan:

  • Teknik Menyikat gigi mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut,
  • Mengganti sikat gigi maksimal dilakukan 4 bulan sekali,
  • Pemeriksaan gigi dilakukan minimal 6 bulan sekali.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Jakarta