Sunday, March 10, 2013

Tips Memilih Dokter untuk Penderita Diabetes Melitus



Tips Memilih Dokter untuk Penderita Diabetes Melitus
Diabetes Melitus adalah penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan, sehingga ketika Anda pernah didiagnosis sebagai penderita Diabetes Melitus, maka selama hidup Anda akan bersamanya. Untuk itu pemilihan dokter yang tepat dan bagaimana menjaga hubungan dengannya adalah sangat penting. Hubungan baik tersebut akan menentukan perjalanan  penyakit Anda di waktu yang akan datang. Penanganan yang tepat oleh dokter, sikap, persepsi, dan gaya hidup sehat yang anda lakukan akan menjauhkan anda komplikasi yang mengancam.

Dengan bermacam alasan, biasanya pasien berganti dari satu dokter ke dokter yang lain untuk mengatasi Diabetes Melitus yang dideritanya. Hal tersebut ternyata akan merugikan pasien. Karena  gula darah menjadi sulit terkontrol, obat-obat yang digunakan tidak tercatat dengan baik, diet, program edukasi pasien juga dipastikan tidak berjalan dengan baik. Dampak negative berganti-ganti dokter juga memungkinkan terjadinya komplikasi, dan biaya perawatan menjadi lebih mahal.

Dari penjelasan tersebut diatas, memilih siapa yang akan menajdi partner Anda dalam mengelola penyakit Diabetes Melitus sangat penting. Dokter yang baik adalah seorang dokter yang peduli dengan Anda, tak hanya pada penyakit yang anda derita, namun juga secara keseluruhan (fisik, emosional,sosial, mau mendengar, mampu berkomunikasi dan selalu mengikuti perkembangan terbaru tentang penyakit yang Anda derita. Apabila anda menemukan criteria dokter tersebut, maka bolehlah Anda memilihnya dan menjadi partner selamanya.

Agar lebih mudah mengetahui Kriteria Dokter yang tepat tersebut, di bawah ini ada 4 pertanyaan yang dapan membantu pertimbangan dalam memilih Dokter terbaik untuk penyakit Diabetes Melitus Anda:

  1. Apakah dokter yang akan anda pilih professional?  Ilmu kedokteran mengenai Penyakit Diabetes Melitus berkembang dengan cepat.  Begitu pula dengan Obat-obatan dan pedoman terapi. Obat-obat yang dulu menjadi andalan dokter sekarang belum tentu demikian. Maka pilihlah dokter yang selalu belajar dan selalu memperbarui ilmunya.
  2. Apakah dokter tersebut mau mendengar keluhan anda? Komunikasi adalah bagian terpenting hubungan Anda dengan Dokter. Keluhan, keprihatian yang anda rasakan dapat menjadi masukan bagi dokter. Anda juga berhak bertanya, mengenai obat yang diberikan, manfaat, efek samping, alternative lain, dan bahkan rencana tindakan atau hasil pemeriksaan laboratorium yang dianjurkan dokter.
  3. Bagaimana perlakuan menghadapi pasien?Dokter yang baik, adalah dokter yang betul-betul ingin melayani anda, mengerti, memahami penyakit yang anda derita,  tidak kasar, dan tidak terburu-buru adalah dokter yang Anda perlukan.
  4. Apakah dokter tersebut mudah dihubungi? Komunikasi yang lancar perlu sekali bagi penderita Penyakit Diabetes Melitus dengan dokter. Hal ini berkaitan dengan ketika Sewaktu-waktu Anda mungkin perlu menghubunginya, komplikasi penyakit, terkait dengan keluhan, efek samping obat yang Anda alami. Ketika anda diberi kemudahan untuk menghubunginya dan ditanggapi dengan baik, maka pilihlah dokter tersebut.

Memilih Dokter untuk Penderita Diabetes Melitus, sebenarnya bersifat personal dan merupakan hak pasien.  Tetapi, karena Penyakit Diabetes Melitus adalah penyakit kronis, Anda tentu membutuhkan dokter yang profesional, yang bisa memahami Anda secara keseluruhan. Dengan beberapa cara pemilihan Dokter yang tepat untuk Pasien Diabetes Melitus tersebut diatas semoga dapat membantu.

Kesimpulan:


  • Penderita Diabetes Melitus membutuhkan dokter yang professional dan tepat,
  • Pemilihan Dokter yang tepat untuk pasien diabetes bisa dengan 4 pertanyaan mudah,
  • Memilih Dokter merupakan hak pasien dan bersifat personal.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

320x50

banner image
 

Agen Foredi Jakarta